Jaman terus berkembang dengan segala media informasi yang dibawa, dahulu kala informasi tersebar hanya melalui mulut ke mulut hingga sampai ke abad 21 ini media informasi tersebar dengan cepat melalui satelit luar angkasa.Awal terbentuknya perusahaan media sebenarnya sudah sejak dahulu kala dalam peradaban manusia, dimana pengelolanya adalah para pembantu kerajaan yang ditugaskan khusus untuk membuat berita - berita hanya kepada rakyatnya saja.
persepsi manusia - pixabay |
Ketika masuk era industri otomasi mesin, surat kabar dapat dicetak dengan cepat dalam jumlah banyak sehingga berita - berita yang tersiar pun juga akan semakin luas.Nah di era modern seperti saat ini dengan hadirnya elektrofikasi dan telekomunikasi membuat media dapat menjelajahi seluruh antero bumi,Media televisi,radio,dan daring internet sebagai wadah baru bagi pertukaran informasi.Bukan lagi sesuatu yang aneh saat ini jika kita bisa mengetahui apapun dibelahan bumi lain dalam hitungan menit sekalipun.
Kecanggihan teknologi pembawa media informasi dimanfaatkan betul oleh para perusahaan - perusahaan media saat ini, tidak hanya mendapatkan finansial fantastis dari iklan / sponsor namun juga ada saatnya mampu untuk membentuk opini masyarakat walau tidak sesuai dengan fakta yang ada.Namun tidak akan pernah ada dalam sejarah perusahaan media untuk berani terang-terangan memelintir sebuah fakta kecuali dengan strategi yang masif dan berulang -ulang.
"Ada pepatah yang mengatakan kesalahan yang dilakukan berulang -ulang akan menjadi suatu kewajaran, dan kewajaran bisa berada di titik yang benar "
Apakah mudah mengontrol persepsi manusia?
Jawabannya tentu saja tidak, namun bukan hal yang tidak mungkin. Fakta yang terjadi saat ini adalah bagaimana perusahaan media besar di dunia saat ini telah dimiliki oleh orang - orang yang berideologi dan bervisi yang sama, dengan kekuatan media dan kerjasama mereka mampu memberikan efek besar atas persepsi masyarakat dunia.
Kita beruntung masih ada beberapa orang yang secara independent sadar akan hal ini walaupun tidak punya kekuatan apapun dalam melawan pembentukan opini sepihak. Seperti contoh video dibawah ini bagaimana sebuah penyusupan kata - kata yang dilakukan secara berulang -ulang oleh media televisi di Amerika Serikat.
Dalam film spiderman, uncle ben pernah berkata kepada peter parker dalam mimpinya " kekuatan yang besar juga menimbulkan tanggung jawab yang besar pula ". Sayang nya hal ini tidak berlaku kepada para perusahaan media, mereka punya imunitas sendiri yang dibebankan kepada masing -masing jurnalis,padahal dibalik itu keterlibatan pemilik media dalam pemuatan berita juga sangat berperan.Jika pernah menonton seri film spiderman yang diperankan oleh toby maguire ,kita akan paham bagaimana perusahaan media mengontrol persepsi kita.
Post A Comment:
0 comments: