Pengalaman ikut event Google for Publisher

Share it:
Dua hari sebelum acara saya di email google untuk ikut acara lokal mereka, tanpa ragu - ragu saya konfirmasi kehadiran dan besoknya diberi alamat dan email balasan. Sebenarnya acara ini sudah di woro woro sebulan yang lalu mungkin banyak yang tidak konfirmasi akhirnya google indonesia jemput bola ngelist email dari pihak lain (list email developer).

Baru setahun terakhir gabung google adsense, belum pernah PO (sedih) karena nilai iklan di indonesia nilainya benar - benar kecil. adsense website ini dan beberapa website lain yang trafiknya gak gede-gede amat juga ditambah admob playstore yang baru dibuat beberapa bulan belakangan.

secangkir teh dan modul seminar google


kembali ke topik, event ini diselenggarakan di hotel bintang 5 dan cukup nyaman( ya iyalah perusahaan Search engine nomor 1 dunia ). Tersedia makanan jajanan ringan dan minuman dibelakang aula sangat membantu bagi yang belum sarapan tadi pagi, tidak lupa makan siang khas hotel  (jujur saya kurang suka rasanya kurang tajam dan bikin mual ), sayang acara makan gak ada kursi bagi peserta, jadi mereka makan pada berdiri semua ckckck, untung saya berani ambil kursi panitia yang kosong (tentu sudah ijin) yang lainnya pada malu - malu kucing wkwk

Yang dibahas pada event ini menurut saya sangat kurang dalam hal teknis, lebih banyak penjabaran standar bagi publisher yang menggunakan adsense dan produk SEO google,mungkin dikarenakan pesertanya adalah umum.

duduk dibelakang lebih asik


Google saat ini lebih memprioritaskan website / situs yang mobile friendly ini disebabkan pengguna seluler yang jauh lebih tinggi dari desktop,sehingga kecepatan sebuah situs menjadi parameter ranking dan indexing di pencarian google.

Tidak hanya itu google menawarkan search console untuk monitoring traffik web dll secara gratis kepada publisher/umum.search console memantau keberadaan situs di penelusuran google secara real time,ini sangat berguna bagi SEO engineer contohnya.

Praktisi google juga menyarankan publisher menggunakan amp (accelerated mobile pages) agar web lebih cepat bagi pengguna seluler di jaringan 2G/3G.Fitur matched content dari iklan adsense memungkinkan memperkecil bounce rate pada suatu web, bounce rate adalah rata - rata waktu yang dibutuhkan user dalam mengunjungi situs.

Para publisher diyakinkan untuk lebih fokus ke konten sendiri dan disarankan agar menggunakan auto Ads pada pengaturan google adsensenya.Membahas soal adsense juga  dapat info menarik bahwa CPC akan naik tajam pada akhir tahun, setelah saya cek sendiri di adsense saya ternyata benar awalnya cpc yang hanya 200 perak sekarang naik jadi 1000 rupiah. eits jangan senang dulu, januari akan kembali ancur lagi cpc(wkwkw) dikarenakan biasanya perusahaan/advertiser jor - joran pada akhir desember untuk menghabiskan budget tahunan marketing.

Beberapa tools diperkenalkan pada acara ini, seperti plugin lighthouse pada chrome, web.dev,speedinsight,amp test dan sebagainya. saya coba test web.dev pada situs erfourisme.com dan hasilnya cukup mengecewakan.

hasil lighthouse report web.dev

Performance web cukup buruk memang kalau diakses melalui seluler apalagi menggunakan koneksi 3G butuh sampai10 detik lebih untuk keseluruhan bagian web. 
Namun kalau menggunakan desktop sangat bagus dan cepat, mungkin saya harus mengurangi kecantikan dari web ini yang membawa banyak javascript hahaha...

Ditahun mendatang orang - orang akan berbondong menggunakan 4G saya rasa web ini tidak akan jadi masalah yang penting saya suka lihat tampilannya dan saya akan lebih fokus pada konten saja.


Share it:

adsense

pribadi

SEO

Post A Comment:

0 comments: