PT.POS Indonesia (persero) bila bertransformasi menjadi perusahaan IT Logistik

transformasi PT.POS
Share it:


PT.POS Indonesia merupakan perusahaan BUMN yang telah lama hadir ditengah - tengah masyarakat indonesia.Perusahaan dibidang jasa layanan surat menyurat ini menjadi favorit di era tahun 70 - 90 an.Dahulu sewaktu masih kanak - kanak sering sekali melihat petugas pos riwa - riwi di sekitar kampung namun sekarang sudah tak pernah terlihat lagi, justru yang sering adalah perusahaan express swasta yang bermunculan dan hadir dengan penawaran yang menarik bagi masyarakat.

Surat lama-pixabay .com


aset dan aksesbilitas yang luas ternyata menjadi kelengahan bagi PT.POS Indonesia dalam berkompetisi diera modern.PT.POS sempat menjadi pusat pembayaran all in one di seluruh indonesia,namun itu saja belum cukup dikarenakan pesaing - pesaing muda bermunculan lebih cepat di tengah masyarakat. PT.POS akhirnya memiliki anak perusahaan di tahun 2013 yakni PT.POS logistik,yaitu anak perusahaan yangmengkhusus dalam urusan logistik. kebijakan ini cukup baik namun bisa dibilang agak terlambat dikarenakan pesaing swasta sudah lebih booming dikenal masyarakat .

Persaingan dengan swasta semakin ketat

Ambil contoh adalah JNE & Tiki perusahaan swasta yang melakukan gerakan ekspansif di 10 tahun terakhir dengan membuka agen - agen di seluruh wilayah indonesia, melihat peluang massivenya giat masyarakat untuk belanja online saat ini para perusahaan swasta tak ragu menekan harga biaya logistik mereka guna mendapatkan value / brand perusahaan lebih dikenal oleh masyarakat.
Persaingan usaha yang ketat memang tidak bisa dipungkiri, adapun PT.POS Indonesia telah berupaya melakukan diversifikasi usaha yang memungkinkan perusahaan agar tetap eksis di kancah Nasional.

IT tidak hanya mengurus pembayaran dan tracking 

Mengapa bisa menjadi IT Logistik ? Sangat jelas jika perusahaan apapun di era modern ini harus bersinergi dengan Teknologi, termasuk dalam bidang logistik.Dari pengamatan saya, IT dalam logistik hanya menyangkut dalam pembayaran (payment) dan tracking saja, dua hal tersebut memang sangat dibutuhkan untuk memudahkan dalam bertransaksi juga memberikan kenyamanan bagi pelanggan.
PT.POS harus berani dan tidak terlambat dalam berinovasi teknologi dibidang logistik.Berikut inovasi yang bisa dipertimbangkan oleh PT.POS Indonesia 

1. Memiliki kapal dan pesawat kargo sendiri
Nampak begitu ambisius , namun hal ini bukan hal yang tidak mungkin jika PT.POS Ingin maju dalam logistik indonesia.Penyaluran logistik via darat memang sudah berjalan namun jika memiliki kapal  dan pesawat kargo sendiri akan membuat PT.POS terlihat sangat serius dalam penyaluran logistik untuk antar pulau di indonesia / mancanegara.Dengan memiliki armada di laut dan darat dipastikan akan memotong cost logistik dibandingkan dengan pesaing yang menyewa pihak ketiga.Hal ini merupakan upaya dalam memperkuat distribusi agen/cabang - cabang PT.POS di seluruh Indonesia. 


2. perangko digital dan mesin pencari barang
Era prangko kertas dapat dikatakan telah berganti dan hanya dijadikan bahan koleksi bagi perorangan / museum. PT.POS Indonesia harus membuat terobosan dengan perangko digital.apa itu perangko digital ? perangko digital sejatinya sama dengan fungsi perangko biasa namun bentuk  dan fitur yang memfasilitasinya berbeda,perangko digital dapat dijadikan alat pembayaran / mark saat pengiriman juga pembelian barang via PT.POS .perangko digital akan menjadi identitas khusus bagi perusahaan dan memudahkan bagi karyawan dalam mengetahui dan mensortir barang.Sebagaimana contoh, jika saya membeli barang dari e-commerce kemudian berencana mengirim barang ke alamat rumah saya, hal ini bisa saya lakukan hanya dengan menukar perangko digital yang telah saya beli dari PT.POS. Perangko didesain sedemikian rupa agar menarik dan memiliki enkripsi khusus untuk keamanan saat penukaran( cryptocurrency ).
Memiliki mesin pencari barang ( goods search engine) bagi PT.POS akan membantu pelanggan dalam hal tracking barang, hal ini sudah biasa dan hampir semua perusahaan logistik memiliki hal ini,namun bila PT.POS menjadikan mesin pencari barang tersebut khusus barang - barang yang terafiliasi dengan PT.POS maka akan sangat berguna bagi semua pihak.Sebagai contoh Barang A yang dijual di website yang melayani pengiriman via pos maka akan terindex oleh mesin pencari sedangkan barang B yang tidak melayani pengiriman pos maka tidak terindex.   

3. Penyedia email gratis lokal : andi@posmail.co.id / andi@pmail.com
Dari surat menyurat seharusnya berganti email meng-email.Saat ini penyedia email terbesar untuk masyarakat indonesia adalah google,yahoo, dan outlook dimana ketiga perusahaan tersebut adalah perusahaan asing. Bila PT.POS Indonesia mampu menyediakan email publik bagi masyarakat indonesia maka dimungkinkan PT.POS menggunakan server lokal sendiri sehingga lebih mudah dikontrol dan menjadi kebanggaan indonesia.Hal ini dimungkinkan mengingat pengguna email diIndonesia telah mencapai puluhan juta orang.

Share it:

Lounge

Post A Comment:

0 comments: